Puasa diyakini dapat mendetoksifikasi tubuh karena perut dan lambung yang sepenuhnya bekerja. (Foto : Instagram @makeitsimply)

Femme.id, Jakarta – Saat sedang berpuasa, sangat wajar seseorang mengalami dehidrasi dan badan lemas. Hal ini terjadi karena stamina yang tidak seimbang akibat aktivitas yang cukup padat.

Rupanya ada kebiasaan yang sering dilakukan selama puasa yang mengakibatkan tubuh menjadi loyo dan tak bertenaga. Seperti kurangnya konsumsi air putih dan terlalu banyak gula. Di bawah ini terdapat 3 kesalahan yang harus dihindari saat berpuasa seperti dilansir dari Emirates woman.

1. Melewatkan Makan Sahur

Penting untuk makan sahur. Makan karbohidrat saat bangun tidur akan memberi Anda energi sepanjang hari. Jika tidak memiliki selera makan besar di waktu sahur, bisa diganti dengan segelas susu, beberapa kacang protein, dan kurma.

Ingatlah untuk minum setidaknya dua hingga tiga gelas air sebelum Anda mulai berpuasa untuk menghindari dehidrasi selama jam-jam puasa.

2. Terlalu banyak Gula, Asam Dan Pedas

Puasa dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan perasaan berat di perut. Pengalaman ini bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah segar.

Penting juga untuk menghindari makanan yang digoreng, makanan yang sangat pedas, asin, dan yang mengandung banyak gula.

Gula dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, nyeri ulu hati, dan masalah berat badan dan seharusnya tidak menjadi bagian dari diet Anda, terutama saat perut kosong.

Terlalu banyak makanan asin membuat tubuh menahan air dan menyebabkan kembung, sementara makanan pedas juga menyebabkan rasa haus.

Permen dan makanan manis mudah terbakar dan hanya akan bertahan selama tiga hingga empat jam. Kemudian akan berubah menjadi lemak, meningkatkan kadar kolesterol, dan membuat Anda bertambah gemuk.

3. Kurang Minum Air Putih di Waktu Sahur dan Buka

Minuman dengan kandungan kafein tinggi (kopi, teh, cokelat, soda, dan bahkan teh tanpa kafein dan kopi) harus dihindari. Kafein meresap kalsium dari sistem tubuh, yang membuat Anda merasa kurang kenyang sepanjang waktu.

Selain itu, hindari minum teh saat sahur, karena teh meningkatkan ekskresi garam dalam urin, yang diperlukan untuk tubuh selama berpuasa.

Minuman yang ideal adalah air putih, atau jika merasa lebih dehidrasi daripada biasanya, coba tambahkan sepotong jeruk nipis, stroberi atau bahkan mint ke segelas air putih. (gen)