Masinis Wanita, Dessy Anggraini. (Foto : Instagram @dessygrn)

Femme.id, Jakarta – PT MRT Jakarta (Perseroda) kini memiliki belasan masinis perempuan yang memegang peranan penting dalam pengoperasian seluruh rangkaian kereta. Sosok wanita tangguh itu salah satunya adalah Dessy Anggraini. Ya, wanita berusia 23 tahun ini sudah menjadi bagian PT MRT Jakarta sejak tiga tahun lalu.

Kepada beritajakarta.id, Dessy menceritakan awal mula kariernya sebagai masinis PT MRT Jakarta pada tahun 2017. Secara khusus, saat itu PT MRT Jakarta merekrut Dessy dari Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) sebelumnya bernama Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun. Saat memasuki tahap sesi wawancara, tawaran untuk menjadi masinis kereta MRT Jakarta pun datang.

“Saat ditawari (menjadi masinis), saya merasa tertantang. Saat ini sudah ada 13 masinis wanita di MRT Jakarta,” ujar Dessy, Selasa (21/4/2020).

Ia mengaku, profesinya sebagai masinis kereta MRT Jakarta semakin memotivasi dirinya untuk selalu membuktikan kepada masyarakat, bahwa di era modern seperti saat ini, wanita Indonesia bebas berkarya.

“Untuk wanita Indonesia harus semangat, tetap berkarya dengan bebas tapi sesuai norma yang berlaku di Indonesia. Dan percayalah, di balik lemah lembutnya wanita, tetap ada jiwa besar untuk membangun Indonesia,” tutur Dessy.

Selama menjadi masinis, ia mengaku memiliki suka duka tersendiri. Sukanya semakin banyak teman dan dapat mengantarkan penumpang ke tempat tujuan dengan tepat waktu. Dukanya, sering tidak bisa berkumpul dengan keluarga, terutama saat hari libur.

“Saya bangga jadi masinis MRT Jakarta, apalagi PT MRT Jakarta yang pertama kali mencanangkan masinis wanita,” tandasnya. (jak)